Minggu, 01 Maret 2020

Perangkat Lunak, A. Pengertian Perangkat Lunak, B. Program Aplikasi

Hasil gambar untuk GAMBAR PERANGKAT LUNAK

A. Pengertian Perangkat Lunak 

Perangkat lunak (software) adalah program komputer yang fungsinya mengarahkan kegiatan pemrosesan dari komputer (Scott, 2002:216). Didalam software berisi instruksi kepada komputer, atau pernyataan program yang secara tepat dinyatakan dan diorganisasikan sesuai dengan syntax dan berbagai aturan tentang konstruksi program. Beberapa program yang ditujukan pada pelaksanaan tugas khusus, atau yang memanipulasikan serangkaian data, disebut program aplikasi. 

Program ditulis oleh pemrogram (programmer), yaitu seorang ahli (professional) dalam menyusun program. Program kemudian dimasukkan kedalam komputer, kemudian dijalankan oleh komputer, dan diperlakukan sebagai salah satu jenis data. Program dapat diperbaiki atau diperluas, dan kegiatan ini disebut pemeliharaan program.

Software sangatlah penting, karena software merupakan antar muka (interface) yang menghubungkan pengguna dengan sistem komputer. Seringkali pengguna harus memahami berbagai aspek dari software dalam rangka menggunakan dan mengembangkan lebih lanjut sistem informasi. 

B. Program Aplikasi
Hasil gambar untuk GAMBAR PERANGKAT LUNAK
Program aplikasi adalah program yang ditulis untuk melaksanakan tugas khusus dari pengguna. Jenis program ini memiliki sifat pasti tentang pemrosesan yang harus dilakukan, file data yang harus diproses guna menyelesaikan suatu pekerjaan, bagaimana hasil pemrosesan dilaporkan, dan berbagai rinci yang berkaitan dengan kegiatan khusus, atau “aplikasi”. Prosedur umum untuk mengembangkan dan mengoperasikan program adalah sebagai berikut: 
  1. Program ditulis oleh personil departemen sistem atau pengguna, atau yang dibeli dari organisasi diluar. 
  2. Program dijalankan di dalam komputer untuk menemukan adanya galat dan kemudian galat dikoreksi. Ini dikenal sebagai “program debugging”. 
  3. Program adalah input bagi komputer yang melakukan pemrosesan data. 
  4. Data yang akan diolah oleh program yang dapat berupa input dari sistem komputer baik bersama-sama dengan program, atau data bersangkutan merupakan bagian dari file internal, yang kemudian akan diambil guna diproses lebih jauh. 
  5. Apabila baik data maupun program telah tersedia, maka program akan diolah oleh CPU, yang akan membaca dan menafsirkan perintah. 
Perangkat lunak merupakan komponen dalam suatu processing system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol system. Oleh karena itu, perangkat lunak mempunyai fungsi sebagai berikut: 
  1. Mengidentifikasikan program 
  2. Menyiapkan alokasi program sehingga tata kerja seluruh peralatan komputer terkontrol 
  3. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien. 



DAFTAR PUSTAKA
Purnama, Chamdan. 2016. SISTEM INFORMASI MANAJEMEN, Jl. Raya Brangkal 38 Mojokerto:
               Insan Global. 14 Maret 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sistem Pendukung Manajemen (MSS)

Sistem Pendukung manajemen atau management support system (MSS) Sistem Pendukung manajemen atau management support system (MSS) mem...