Jumat, 06 Maret 2020

UTILITY SOFTWARE (Sistem Informasi Manajamen)

Hasil gambar untuk gambar sistem informasi manajemen
Utility Sofware

Utility Software adalah perangkat lunak tambahan yang digunakan untuk bermain-main pada tingkat OS. Utility Sofware mungkin dibuat oleh pembuat perangkat kerasnya maupun oleh orang lain (third party vendar). Utility Sofware sangat membantu pemakai untuk memperbaiki, mengubah, atau keperluan manajemen sistem yang lain. 

Utility Software merupakan jenis sistem perangkat lunak yang digunakan untuk mendukung infrastruktur komputer; Utility Software berbanding terbalik dengan perangkat lunak aplikasi, yang ditujukan untuk langsung melakukan tugas-tugas yang menguntungkan pengguna biasa. Utility Software adalah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk membantu menganalisis, mengkonfigurasi, mengoptimalkan atau mempertahankan komputer.

Utility Program adalah system software yang menjalankan tugas-tugas maintenance. Disebut juga dengan utility. Berikut ini adalah utility yang terdapat pada windows. Utility program sendiri dibagi menjadi dua bagian, yaitu utility eksternal dan utility internal.
  1. Utility internal adalah utility yang sudah ada pada Windows kita, secara default sudah terinstall pada saat kita selesai menginstall Windows, bisa dikatakan program ini merupak program bawaan Windows, sedangkan
  2. Utility eksternal adalah merupakan program yang bukaan bawaan windows, atau dikatakan kita harus menginstallnya terlebih dahulu.

Berikut Contoh dari Utility Program Internal: 
  1. System Restore: Windows memperkenalkan "Sistem Restore” pembukuan dan sistem pembalikan, dimana dimaksudkan untuk menyederhanakan troubleshooting dan memecahkan permasalahan. Dimaksudkan untuk bekerja sebagai suatu rollback dan fitur recovery sehingga jika instalasi dari suatu aplikasi kurang baik dapat mempengaruhi sistem, pemakai bisa membatalkan instalasi dan menegmbalikan sistem status kerja sebelumnya. pengerjaanya dengan memonitoring perubahan ke file sistem Windows dan registry. Sistem pengembalian meliindungi hanya sistem operasi file, bukan dokumen, dan oleh karena itu bukan pengganti untuk suatu backup program.Utility eksternal adalah merupakan program yang bukaan bawaan windows, atau dikatakan kita harus menginstallnya terlebih dahulu.
  2. Diagnostik Utility : untuk melakukan menyusun informasi secara teknik tentang hardware dan beberapa software. Mempersiapkan laporan masalah secara terurai.
  3. File Manager : untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti melakukan copy, memberi nama, menghapus dan memindah file. Image viewer menampilkan isi dari file gambar ketika user melakukan double click.
Sedangkan Contoh Untuk Utility Program Eksternal adalah :
  1. Anti Virus. Untuk melindungi, mencegah, mendeteksi dan menghilangkan perangkat lunak jahat, seperti virus komputer, Trojan dan sebagainya yang mungkin dapat menghapus file, memperlambat kerja komputer, atau mencuri data pribadi. Bahkan kapersky mampu mendeteksi threat, membersihkan program-program yang tidak perlu, pembaruan secara otomatis, peringatan, perlindungan terhadap email masuk, perlindungan terhadap perpesanan instan, dan pemblokiran iklan pop-up.
  2. Software Multimedia. Contoh : Winamp, PowerDVD, WinDVD, ACDSee, QuickTime
  3. File Compression Utility berfungsi untuk mengurangi ukuran file untuk menambah sedikit ruang dan memperbaiki performance. Compressed files biasa disebut dengan zipped files, Utility program yang umum digunakan: PKZIP , WinZip, Izarc, dll.
  4. CD/DVD burning software berfungsi untuk menuliskan text, graphics, audio, dan file video ke recordable atau rewriteable CD atau DVD.
Utility Software (OS) juga menyediakan fasilitas sejumlah program bantuan yang disebut dengan operating system service atau utility (bantuan). Program-program bantuan ini misalnya adalah text editor. Dalam program utilitas termasuk program pilih dan gabung (sort and merge), yang akan memilih data sesuai dengan urutan alfabetis, numerik, atau berbagai cara pengurutan lainnya, atau akan menggabungkan serangkaian data atau sarangkaian file data. Ada beberapa jenis program utilitas, diantaranya:
  1. Program utilitas pemindahan digunakan untuk memindahkan data atau program dari suatu media kemedia yang lainnya. 
  2. Utilitas diagnostic digunakan untuk memberikan pesan kepada pengguna untuk menjelaskan syntax dan galat logis sebagai bantuan dalam melakukan debugging terhadap program. 
  3. Utilitas memory-dump yang biasa digunakan apabila penyusun program tidak mampu mengisolasi dan mengoreksi galat program. 
Berikut adalah Macam-macam Software Utilities:
  1. Glary Utilities yaitu  Terdiri dari berbagai fitur untuk mengoptimalisasi PC, memperbaiki error /kerusakan system/registry, meningkatkan kecepatan PC, melindungi file/folder, menghilangkan spyware dan berbagai fitur lainnya Selain itu, Glary utilities juga hanya memerlukan spesifikasi komputer yang ringan untuk bisa menjalankannya. 
  2. Perfect Utilities, akan memperbaiki beberapa masalah komputer, seperti kinerja yang sangat lambat, blue screen, deadlock error dan berbagai masalah lainnya yang berhubungan stabilitas sistem dan keamanan. 
  3. Tune Up Utilities 2010, merupakan software yang dapat membuat sistem operasi Windows Anda lebih cepat, lebih nyaman dan lebih aman hanya dengan hanya beberapa kali klik mouse. 
  4. NirLauncher dan Sysinternal Suite, Bagi yang sering utak-atik komputer, mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi dengan komputer baik untuk komputer lokal maupun jaringan, biasanya tidak asing dengan Nirsoft dan Sysinternals Utilities. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sistem Pendukung Manajemen (MSS)

Sistem Pendukung manajemen atau management support system (MSS) Sistem Pendukung manajemen atau management support system (MSS) mem...